INVESTASI SAHAM?

 Risk comes from not knowing what you're doing.
Source : Google Images


Kali ini saya akan membahas terkait beberapa pertanyaan seputar saham yang umum, langsung saja kita simak :

1.    Apa itu saham? 

Menurut berbagai sumber referensi, saham adalah bukti kepemilikan terhadap suatu perusahaan yang terbentuk/PT/Perseroan terbatas baik itu merupakan perusahaan yang tertutup maupun terbuka atau dapat kita artikan bahwa saham merupakan surat milik perusahaan. Artinya ketika kita membeli saham suatu perusahaan berarti kita membeli perusahaan tersebut, termasuk didalamnya hak dan kewajiban yang melekat dan pada saat ini bahwa wujud saham sudah tidak dalam bentuk surat lagi dan sudah beralih ke surat eletronik.

Keuntungan Menanam Pohon - Artikel Pertanian Terbaru | Berita Pertanian  Terbaru

 

2.    Apa keuntungan membeli saham ?

Layaknya membeli suatu usaha bersama, keuntungan yang dapat kita peroleh pada saat membeli saham adalah kenaikan harga/nilai dari perusahaan tersebut (Capital Gain). 

Apa Itu Capital Gain?

Selain itu, tentunya melalui keputusan bersama, keuntungan tersebut dapat dibagi sesuai dengan kesepakatan hasil rapat antara perusahaan dengan pemegang saham (Pembagian Dividen)

 

 

 

3.    Resikonya seperti apa ?

Layaknya membeli suatu usaha, resiko terbesar dalam berinvestasi saham baik itu melalui pasar modal (perusahaan terbuka) maupun secara langsung (perusahaan tertutup) adalah kebangkrutan dari perusahaan yang kita beli.
Jadi sangatlah penting bagi kita sebagai investor pemula untuk semaksimal mungkin memperhatikan perusahaan apa yang akan kita beli sahamnya karena kinerja dari perusahaan tersebut akan menentukan harga saham kita dimasa yang akan datang (jangan membeli kucing dalam karung).

Bagai Membeli Kucing Dalam Karung – Esai Norman Adi Satria – Puisi Normantis


4.    Berapa harganya?

Berapasih dana yang harus dipersiapkan untuk membeli saham di pasar modal? tergantung harga sahamnya yang akan kita beli dengan minimal pembelian yaitu 1 lot/100 lembar saham.
Contohnya :

1.    Harga 1 saham perusahaan Indofood saat ini seharga Rp.10.000/lembar, jadi apabila dikalikan 100 untuk memenuhi 1 lot maka harga minimalnya dalam pembelian saham yaitu Rp.1.000.000

2.    Harga 1 saham perusahaan Adhi Karya saat ini seharga Rp. 1.280/lembar, jadi apabila dikalikan 100 untuk memenuhi 1 lot maka harga minimalnya dalam pembelian saham yaitu Rp.128.000

3.    Harga 1 saham perusahaan Smartfren saat ini seharga Rp. 75/lembar, jadi apabila dikalkan 100 untuk memenuhi 1 lot maka harga minimalnya dalam pembelian saham yaitu Rp.7.500

Dan begitu seterusnya..

Harga-harga saham dapat kita lihat di aplikasi online perusahaan sekuritas, RTI bisnis, Idx, dan sumber lainnya.

Analisis dan Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham - KajianPustaka.com


Keempat pertanyanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang umum tentang saham, yang sebenarnya dapat kita ambil dari banyak sumber-sumber yang berkaitan dengan literasi tentang saham. Ingat membeli saham bukan tentang sesuatu yang dapat membawa kita kepada kekayaan, tapi bagaimana kita dapat menyelamatkan masa depan kita dengan cara mempekerjakan uang yang kita miliki.

Comments